5 bisnis model unik yang menguasai dunia Ecommerce

by 4:59 PM 0 comments

Di Indonesia bahkan di dunia sudah banyak usaha-usaha yang dilakukan olah orang banyak guna membuat bisnis mandiri bagi masyarakat. Dalam hal ini orang-orang banyak membuat model-model bisnis guna menggambarkan pemikiran mereka guna menciptkan, memberikan, dan menangkap nilai-nilai positif maupun negatif dalam masyarakat.

Diperkirakan di tahun 2017 ini usaha Ecommerce di Indonesia akan masuk ke tahap stagnant dan hanya orang-orang yang dapat menciptakan value proposition, keunikan dan diferensiasi serta dilengkapi dengan kreatifitas tinggi yang dapat mengembangkan bisnis-bisnis model tersebut ke tahap yang lebih baik.

Berikut adalah daftar bisnis-bisnis dunia yang unik serta memiliki value menarik:

1. Skillshare  
Skillshare adalah sebuah platform yang diciptakan oleh Malcolm Ong dan Michael Karnjanaprakorn pada tahun 2011 sebagai tempat komunitas bagi siapapun yang ingin belajar bahkan mengajar. Pada awalnya Skillshare merupakan tempat pembelajaran yang cukup mahal. Dengan biaya US$ 20 sampai dengan US$ 25 per bulan anda sudah diajar oleh para ahli-ahli terntentu. Tapi sekarang dengan menganut konsep semua orang bisa mengajar biaya pembelajaran per bulannya adalah US$ 10.

Jadi apa yang membuat Skillshare ini unik? kebanyakan bisnis edukasi banyak menggunakan tenaga kerja yang memiliki background seperti profesor, guru, ilmuan, dokter, dan lain lain, tapi di Skillshare tidak hanya orang-orang yang bekerja di bidang edukasi saja yang dapat mengajar di Skillshare ahli-ahli yang memiliki multi talenta lainnya juga dapat mengajar di platform Skillshare ini.



2. Stitch Fix

Apakah anda pernah bermain game yang memerlukan avatar? Kalian disuruh untuk menghias avatar kalian sesuai keinginan kalian bukan? Perusahaan personal jasa styling yang diciptakan oleh Katrina Lake ini memiliki konsep yang sama tetapi apa yang kalian hias bukanlah sebuah avatar lagi tetapi diri kalian sendiri.

Melihat dari data diri yang sudah kalian masukan ke database perusahaan tersebut, perusahaan mengerti akan ukuran, bentuk, bahkan gaya hidup dan memberi konsumer opsi pakaian dan accessories.

Konsep retail yang belum pernah ada tersebut membuat binis model yang diciptakan oleh Katrina Lake ini menjadi salah satu bisnis model terunik.


3. Warby Parker
Warby Parker merupakan brand amerika yang menjual resep kacamata biasa dan kacamata hitam secara online maupun offline. perusahaan ini diciptakan oleh David Gilboa, Neil Blumenthal, Andrew Hunt, dan Jeffrey Raider pada tahun 2010.

Warby Parker memiliki konsep unik yang sama dengan perusahaan Stitch fix dimana dengan Warby Parker kita dapat mengatur kacamata yang kita sukai dengan menghilangkan middleman serta mematok harga yang murah dan memiliki pamor yang tinggi.


4. Uber
Di indonesia ada beberapa macam jasa transportasi online yang sudah banyak kita tahu seperti Grab, Go-jek, dan Uber. Tapi dari semua trasnportasi jasa tersebut, perusahaan jasa Trasi Kalanic dan Garrett Camp lah yang pertama kali menunjukan keunikan mereka dalam persaingan Ecommerce. Pada tahun 2009 mereka menciptkan platform jasa transportasi online sebagai tempat mempertemukan driver dengan pelanggan hanya dengan pencetan tombol.

"Every Private Driver", slogan tersebut merupakan salah satu kekuatan Uber. Meskipun banyak negara yang menentang adanya Uber dikarenakan mereka tidak termasuk transportasi umum melainkan transportasi pribadi, Uber tetap bisa meraup keuntungan sebesar US$500 juta pada tahun 2014 dan Uber juga sudah ada lebih di 500 kota di seluruh dunia.


5. Lunchspread 


Perusahaan ciptaan Hee Min Kim dan Andy Wang ini bersifat sebagai promotor bagi restaurant-restaurant yang baru maupun yang sudah lama. Konsep dari Lunchspread ini sama sederhananya dengan konsep Uber dimana uber mempertemukan Driver dengan pelanggan disini Lunchspread mempertemukan Restaurant dengan pelanggan (C2C).

Detail "How it works" dari perusahaan Lunchspread ini adalah, dengan fee tertentu mereka mempromosikan free samples dari restaurant ke pelanggan, biasanya orang-orang yang bekerja di kantor. Pelanggan yang ingin mencicipi free samples dari restaurant tersebut harus mendaftarkan diri mereka terlebih dahulu agar terkoneksi dengan restaurant-restaurant partner. Identitas makanan dan restaurant akan dirahasiakan agar mereka dapat menjawab survei akan sample food yang mereka konsumsi.

Keunikan yang dapat dilihat disini adalah pertimbangan Lunchspread bahwa semua orang suka makanan gratis dan mereka menggunakan itu sebagai strategi marketing mereka.

othello

Developer

Me for the world.

0 comments:

Post a Comment