Apakah bidang Ecommerce yang memiliki potensi di Indonesia?

by 6:21 PM 0 comments



Perkembangan Eccomerce di Indonesia sudah berjalan selama bertahun-tahun, dalam kurun waktu itu pula sudah banyak perusahaan Ecommerce yang bergerak diberbagai macam bidang seperti Elektronik, hiburan, permainan, furnitur, dan lain-lain. Tapi ada beberapa masalah yang harus dihadapi terlebih dahulu oleh masyarakat Indonesia ketika mereka ingin membuka suatu usaha Ecommerce, itu adalah jenis Ecommerce itu sendiri. Apakah saya harus membuka Ecommerce dibidang furnitur? Apakah saya akan mendapatkan revenue yang wajar jika saya membuka usaha ini? Apakah banyak orang yang suka menjalankan kegiatan Ecommerce di bidang ini? Pertanyaan-pertanyaan tersebut pasti sekilas terlintas di pikiran kita ketika kita ingin membuka suatu usaha. Berikut adalah tips jenis usaha untuk dapat membuka usaha Ecommerce di Indonesia.

Research
First thing first, kita harus mencari tahu akan perkembangan ekonomi di Ecommerce Indonesia saat ini. Seperti yang dapat kita lihat diagram di bawah akan pertumbuhan ekonomi (revenue) Ecommerce di Indonesia.

Pertumbuhan Ecommerce yang tergolong paling besar dipegang oleh kategori Fashion dan untuk yang paling yang kecil dipegang oleh kategori Food & personal care.


Brain storming
Apakah kalian akan langsung memilih Eccomerce dalam kategori fashion untuk bisnis kalian? Apakah dikarenakan kategori Fashion memiliki revenue tertinggi sehingga kalian ingin membuka bisnis dalam bidang tersebut? Itu merupakan pemikirian yang salah. Ketika kalian melihat revenue yang besar di suatu kategori/bidang, itu mengidikasikan bahwa Ecommerce di bidang tersebut memiliki cukup banyak pesaing, dan pesaing-pesaing tersebut bukan pesaing-pesaing kecil, dalam hal fashion pesaing yang akan kalian hadapi adalah seperti lazada dan matahari mall.

Jadi kategori apa yang harus kalian pilih? Ketika kalian melihat revenue yang besar mengidikasikan susahnya persaingan, oleh karena itu disini disarankan kalian untuk memilih sebaliknya. Apa itu? kategori Food and personal Care dimana dengan revenue kecil diindikasikan belum terlalu susahnya persaingan di bidang tersebut.


Magic touch
Apakah kalian hanya akan membuat perusahaan Ecommerce dalam kategori Food and personal care dengan begitu saja? Tentu tidak dalam hal ini kalian memerlukan sentuhan kreativitas kalian dalam membuat usaha bisnis tersebut. Kita dapat mengambil contoh kreatif dari perusahan "Lunch Spread".


Detail "How it works" dari perusahaan Lunchspread ini adalah, dengan fee tertentu mereka mempromosikan free samples dari restaurant ke pelanggan, biasanya orang-orang yang bekerja di kantor. Pelanggan yang ingin mencicipi free samples dari restaurant tersebut harus mendaftarkan diri mereka terlebih dahulu agar terkoneksi dengan restaurant-restaurant partner. Identitas makanan dan restaurant akan dirahasiakan agar mereka dapat menjawab survei akan sample food yang mereka konsumsi.

Artikel hanya berisi riset dan opini dari diri saya, mahasiswa S1 Technopreneuship, bukan sebuah kewajiban bagi pembaca untuk mengikuti seluruh artikel ini. Disini hanya tinggal pintar dan kreatif kalian dalam membentuk usaha bisnis kalian.
Semoga bermanfaat.

othello

Developer

Me for the world.

0 comments:

Post a Comment