Perkembangan Eccomerce di Indonesia sudah berjalan selama
bertahun-tahun, dalam kurun waktu itu pula sudah banyak perusahaan Ecommerce
yang bergerak diberbagai macam bidang seperti Elektronik, hiburan, permainan,
furnitur, dan lain-lain. Tapi ada beberapa masalah yang harus dihadapi terlebih
dahulu oleh masyarakat Indonesia ketika mereka ingin membuka suatu usaha
Ecommerce, itu adalah jenis Ecommerce itu sendiri. Apakah saya harus membuka
Ecommerce dibidang furnitur? Apakah saya akan mendapatkan revenue yang wajar
jika saya membuka usaha ini? Apakah banyak orang yang suka menjalankan kegiatan
Ecommerce di bidang ini? Pertanyaan-pertanyaan tersebut pasti sekilas terlintas
di pikiran kita ketika kita ingin membuka suatu usaha. Berikut adalah tips
jenis usaha untuk dapat membuka usaha Ecommerce di Indonesia.
Research
First thing first, kita harus mencari tahu akan perkembangan
ekonomi di Ecommerce Indonesia saat ini. Seperti yang dapat kita lihat diagram
di bawah akan pertumbuhan ekonomi (revenue) Ecommerce di Indonesia.
Pertumbuhan Ecommerce yang tergolong paling besar dipegang
oleh kategori Fashion dan untuk yang paling yang kecil dipegang oleh kategori
Food & personal care.
Brain storming
Apakah kalian akan langsung memilih Eccomerce dalam kategori
fashion untuk bisnis kalian? Apakah dikarenakan kategori Fashion memiliki
revenue tertinggi sehingga kalian ingin membuka bisnis dalam bidang tersebut?
Itu merupakan pemikirian yang salah. Ketika kalian melihat revenue yang besar
di suatu kategori/bidang, itu mengidikasikan bahwa Ecommerce di bidang tersebut
memiliki cukup banyak pesaing, dan pesaing-pesaing tersebut bukan
pesaing-pesaing kecil, dalam hal fashion pesaing yang akan kalian hadapi adalah
seperti lazada dan matahari mall.
Jadi kategori apa yang harus kalian pilih? Ketika kalian
melihat revenue yang besar mengidikasikan susahnya persaingan, oleh karena itu
disini disarankan kalian untuk memilih sebaliknya. Apa itu? kategori Food and
personal Care dimana dengan revenue kecil diindikasikan belum terlalu susahnya
persaingan di bidang tersebut.
Magic touch
Apakah kalian hanya akan membuat perusahaan Ecommerce dalam
kategori Food and personal care dengan begitu saja? Tentu tidak dalam hal ini
kalian memerlukan sentuhan kreativitas kalian dalam membuat usaha bisnis
tersebut. Kita dapat mengambil contoh kreatif dari perusahan "Lunch Spread".
Detail "How it works" dari perusahaan Lunchspread ini adalah, dengan
fee tertentu mereka mempromosikan free samples dari restaurant ke pelanggan,
biasanya orang-orang yang bekerja di kantor. Pelanggan yang ingin mencicipi
free samples dari restaurant tersebut harus mendaftarkan diri mereka terlebih
dahulu agar terkoneksi dengan restaurant-restaurant partner. Identitas makanan
dan restaurant akan dirahasiakan agar mereka dapat menjawab survei akan sample
food yang mereka konsumsi.
Artikel hanya berisi riset dan opini dari diri saya,
mahasiswa S1 Technopreneuship, bukan sebuah kewajiban bagi pembaca untuk
mengikuti seluruh artikel ini. Disini hanya tinggal pintar dan kreatif kalian dalam membentuk usaha
bisnis kalian.
Semoga bermanfaat.
0 comments:
Post a Comment